Selasa, 17 Mei 2011

penyalahgunaan pewarna sintetik dalam makanan dan minuman

Penyalahgunaan pewarna sintetik RHODAMIN B dan METHANIL YELLOW dalam makanan dan minuman
Ø  Apa itu pewarna sintetik rhodamin b & methanil yellow ??
Rhodamin B dan methanil yellow  merupakan zat warna tambahan yang dilarang penggunaannya dalam produk-produk pangan (Anonim, 1990).
Rhodamin B Sangat mudah larut dalam air menghasilkan larutan merah kebiruan dan berfluoresensi kuat jika diencerkan. Sangat mudah larut dalam alkohol, sukar larut dalam asam encer dan dalam larutan alkali. Larutan dalam asam kuat membentuk senyawa dengan kompleks antimon berwarna merah muda yang larut dalam isopropil eter. (Budavari, 1996)
Metanil yellow adalah zat warna sintetik berbentuk serbuk warna kuning kecoklatan, larut dalam air, agak larut dalam aseton. merupakan senyawa kimia aromatik amin.  Metanil kuning dibuat dari asam metanilat dan difenilamin. Kedua bahan ini bersifat toksik (Nainggolan dan Sihombing, 1984).
Ø  Apa efek sampingnya ??
Rhodamin B :
Waktu singkat akan terjadi gejala akut keracunan, iritasi pada saluran pernafasan, mata kemerahan, udem pada kelopak mata.
Methanil yellow :
menimbulkan tumor diberbagai jaringan hati, kandung kemih, saluran pencernaan atau jaringan kulit (Arief, 2007).
Ø  Penyalahgunaan pewarna sintetik rhodamin b & methanil yellow !!
Rhodamin B dan methanil yellow sering ditambahkan pada makanan dan minuman.
Penggunaan Rhodamin B : pewarna tekstil, kertas, tinta dan pernis, sabun, pewarna kayu, bulu, kulit dan pewarna untuk keramik China, pewarna obat dan kosmetik, larutan pengeriting rambut, garam mandi, lipstik dan pemerah pipi, sebagai alat pendeteksi dalam pencemaran air, pewarna untuk lilin dan bahan anti beku dan sebagai reagent untuk menganalisa antimoni, bismut, kobalt, niobium, emas, mangan, merkuri, molobdenum, tantalum, tallium dan tungsten. (Lyon, 1987)
Methanil yellow : pewarna wool, nilon, kulit, kertas, cat, alumunium, detergen, kayu, bulu, dan kosmetik (Anonimc, 2007)

Saran : hati-hati !! makanan-minuman tanpa merk/no. Batch bpom. sebaiknya menhindari mengonsumsi makanan & minuman warnanya sangat mencolok karena diduga mengandung rhodamin b / methanil yellow

                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar